• PIK REMAJA MANSABEL
  • Pusat Informasi dan Konseling Remaja

GENERASI REMAJA SEHAT NO STUNTING Oleh: Riski Syahputra (Wakil Ketua PIK-R Mansabel)

Periode remaja adalah dianggap masa transisi dalam periode anak-anak ke periode dewasa. Sebagai persiapan untuk generasi remaja yang sehat menuju periode dewasa, generasi remaja keren harus jauh dari masalah resiko kesehatan, karena dari resiko tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan. Dari berbagai macam maslalah kesehatan saat ini yang paling krusial ialah masalah stunting, maka dari itu remaja diharapkan mampu mencegah masalah stunting.

Stunting adalah kondisi serius pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak dibawah rata-rata atau anak sangat pendek serta tubuhnya tidak bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usianya dan berlangsung dalam waktu dalam bahkan pada akhirnya diikuti dengan gangguan kecerdasan pada anak, dikarenakan kurang gizi kronis. Hal tersebut merupakan masalah yang sepatutnya dihindari dan dicegah semaksimal mungkin bagi remaja masa kini agar terciptanya calon keluarga yang sehat dan jauh dari masalah stunting. Untuk mencegah masalah stunting, remaja perlu mengenali apa itu stunting dan bagaimana cara pencegahan stunting. Berikut cara mencegah stunting:

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A (strawberry, labu, melon, apricot, wortel, tomat) dan vitamin D (bayam, pisang, brokoli, kedelai, jeruk, dan jamur).
  • Perlunya menambah edukasi tentang stunting.
  • Kebiasaan sehat yang perlu diterapkan remaja, contohnya:
  • Beraktivitas fisik atau berolahraga rutin setiap hari selama 30 menit.
  • Rutin mengkonsumsi buah dan sayur serta dilengkapi dengan asupan vitamin dan nutrisi lainnya.
  • Tidak merokok dan tidak meminum alkohol, karena seseorang yang merokok dan minum alkohol cenderung mudah terserang penyakit.
  • Menjaga kebersihan lingkungan, guna menghindar dari resiko infeksi dan penyakit lainnya.
  • Menggunakan jamban bersih merupakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan diri sendiri secara keseluruhan.
  • Rutin cek kesehatan agar tubuh senantiasa dalam keadaan sehat dan terhindar dari resiko penyakit.

Jika pencegahan tersebut dilakukan generasi remaja keren saat ini, maka dimasa mendatang ketika ia akan menjadi calon orang tua, mereka akan menjadi orang tua yang hebat yang mempunyai keturunan yang sehat dan jauh dari masalah stunting. Dari itu akan terciptalah kelompok masyarakat sehat, berkualitas dan juga memiliki imun tubuh yang kuat.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Duta Genre Kecamatan

Selamat Kepada Naya Lestari Atas Keberhasilannya dalam Pemilihan Duta Genre Tingkat Kecamatan Tahun 2022

25/03/2022 19:48 - Oleh Administrator - Dilihat 24 kali
HADIRKAN REMAJA KEREN YANG SEHAT ANTI STUNTING Oleh: Naya Lestari (Konselor Sebaya PIK-R Mansabel)

Menurut WHO, remaja adalah penduduk laki-laki maupun perempuan yang berusia 10-19 tahun dan belum menikah. Remaja memiliki peranan penting bagi kemajuan peradaban bangsa. Maka dari itu,

03/02/2022 07:42 - Oleh Administrator - Dilihat 47 kali
Apa itu PIK Remaja dan apa saja 5 Transisi kehidupan remaja?

TANJUNGPANDAN: PIK R adalah salah satu wadah yang dikembangkan dalam program Genre, yang dikelola dari, oleh dan untuk Remaja guna memberikan pelayanan informasi dan kons

03/02/2022 05:05 - Oleh Administrator - Dilihat 1235 kali